Sabtu, 26 Februari 2011

SUKU MANGE DAN POLA PERKAMPUNGAN......Helika Mansur


                                                                          Lokasi dan Keadaan Alam
            Peduduk asli (suku Mange) mendiami daerah pedalaman Pulau Taliabu, kurang lebih sekitar 4 km dari pesisir pantai ke pedalaman terdapat pemukiman-pemukiman penduduk asli. Sedangkan yang beradaptasi di daerah pesisir merupakan campuran penduduk asli dengan masyarakat pendatang yang berasal dari daerah lain, seperti Buton, Banggai, Sanger, Kei dan Bugis.
            Pada umumnya penduduk asli (Suku Mange) beradaptasi di seluruh wilayah Taliabu, kehidupan yang serba berpindah-pindah (nomaden) atau tidak menetap pada satu tempat, mencari wilayah yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Dengan keadaan terdesak kebanyakan Suku Mange beradaptasi di bagian pedalaman Utara Pulau Taliabu.
            Pemukiman penduduk asli terdapat di daerah-daerah yang masih sangat terpencil dan masih merupakan alam ganas. Kebanyakan Suku Mange mendiami di pinggiran sungai-sungai besar, sehingga mempermudah proses pemenuhan kebutuhan. Ada juga yang berdiam bukan pada pesisir sungai, tetapi jarak antara antara penukiman dengan sungai tidak terlalu jauh. Kebanyakan bertempat tinggal di perkebunan  sehingga setiap hari mengelola perkebunannya.

BY. HELIKA MANSUR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar