Sabtu, 26 Februari 2011

Taliabu .......Lokasi Desa Sahu...Helika Mansur


Lokasi Desa Sahu
            Peduduk asli Desa Sahu sebagian besar berasal dari Buton (salah satu suku yang ada di Sulawesi Tenggara) yang mendiami daerah pesisir utara Pulau Taliabu leteknya di Kecamatan Taliabu Utara. Desa Sahu memiliki wilayah yang sangat luas yaitu kurang lebih berdiameter 7 kg, sedangkan wilayah pemukiman penduduk/desa 800 m x 400 m. Wilayah Desa Sahu sebelah barat berbatasan dengan Desa Tikong, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Taliabu Selatan, sebelah Timur Berbatasan dengan Desa Nunca dan sebelah utara berbatasab dengan Laut Maluku Utara.
            Pada dasarnya masyarakat Desa Sahu  umumnya penduduk asli (Suku Mange) beradaptasi di seluruh wilayah Taliabu, kehidupan yang serba berpindah-pindah (nomaden) atau tidak menetap pada satu tempat, mencari wilayah yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Dengan keadaan terdesak kebanyakan Suku Mange beradaptasi di bagian pedalaman Utara Pulau Taliabu.
            Pemukiman penduduk asli terdapat di daerah-daerah yang masih sangat terpencil dan masih merupakan alam ganas. Kebanyakan Suku Mange mendiami di pinggiran sungai-sungai besar, sehingga mempermudah proses pemenuhan kebutuhan. Ada juga yang berdiam bukan pada pesisir sungai, tetapi jarak antara antara penukiman dengan sungai tidak terlalu jauh. Kebanyakan bertempat tinggal di perkebunan  sehingga setiap hari mengelola perkebunannya.


 BY. HELIKA MANSUR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar